Uji Coba Incenerator Pengolah Sampah Karya Karang Taruna Kelurahan Gowongan

Pada hari Jumat, 27 Mei 2022 telah dilaksanakan Uji Coba Operasional Inovasi Teknologi Tepat Guna Incenerator " YUHRAQ " karya Karang Taruna Kelurahan Gowongan. Acara tersebut dilaksanakan di lapangan Panti Asuhan Anak Wiloso Projo Kelurahan Gowongan. Dimulai pukul 09.00 pagi dan dihadiri oleh Anggota Komisi B DPRD DIY, anggota komisi C DPRD Kota Yogyakarta, Mantri Pamong Praja Kemantren Jetis, Danramil Jetis, Kapolsek Jetis, Kepala KUA Jetis, Kepala Puskesmas Jetis, Lurah beserta perangkat Kelurahan se-Kemantren Jetis dan warga sekitar.


Didasari kepedulian terhadap permasalahan sampah yang terjadi belum lama ini, Karang Taruna Kelurahan Gowongan, Kemantren Jetis, Kota Yogyakarta mengembangkan inovasi pengolahan sampah dengan sistem insenerasi atau teknologi pembakaran yang mengubah sampah menjadi abu. Sistem insenerasi pengolahan sampah ini tidak memakan banyak tempat, hanya membutuhkan area sekitar 3x3 meter persegi. Peralatannya pun masih menggunakan alat-alat sederhana seperti drum dan ember bekas serta pipa dan slang karet sebagai perantara asap dan sistem pengaliran bahan bakar. Meskipun masih dalam tahap pengembangan, alat ini cukup efektif untuk mengurangi sampah yang ada di wilayah kelurahan Gowongan. Perlu banyak dukungan dari banyak pihak agar alat tersebut dapat berfungsi dengan lebih baik dan dapat dikembangkan diwilayah lain.
Dengan berfungsinya alat ini, diharapkan bisa mengatasi permasalahan sampah yang ada di perkotaan, khususnya di wilayah kelurahan Gowongan demi terwujudnya kelurahan Gowongan "zero" sampah.