ROADSHOW DAN SOSIALISASI FKDM KOTA YOGYAKARTA DI KELURAHAN GOWONGAN

Kamis(09/06/2022)-Kelurahan Gowongan Yk. Dalam rangka membangun situasi yang kondusif di Kota Yogyakarta, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Yogyakarta melaui FKDM (Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kota Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan Roadshow dan Sosialisasi Kewaspadaan Dini kepada warga Kelurahan Gowongan melalui Tokoh-tokoh masyarakat dan Pemangku wilayah RW di Kelurahan Gowongan.

Kegiatan ini dihadiri pula oleh Bapak Penjabat Walikota Yogyakarta, Sumadi,SH,MH, Kepala Badan Kesbangpol, Budi Santosa, S.STP., M.Si, Anggota DPRD Kota Yogyakarta Komisi A Bapak Wisnu Sabdono Putro,S.H Mantri Pamong Praja Kemantren Jetis, Ibu Rini Rahmawati, SIP,M.IP, beserta perangkat, Bapak Drs. Gunawan Wibisono selaku lurah gowongan beserta perangkat.

FKDM sebagai ujung tombak dalam pengumpulan informasi terkait potensi ancaman, membantu pencegahan awal terhadap ancaman serta sebagai jembatan masyarakat dan pemerintahan.

Sumadi menilai dengan mengoptimalkan peran FKDM, pihaknya ingin menciptakan jalinan komunikasi yang baik antara masyarakat dengan Pemkot Yogya.

Menurutnya masyarakat dapat mengambil peran untuk mendeteksi dini potensi suatu kejadian di wilayah, termasuk kewaspadaan terhadap kriminalitas.

"Keluarga juga memiliki peran penting untuk memastikan bagaimana pergaulan anak-anak mereka," katanya.

Diharapkan forum tersebut dapat berperan optimal sehingga masyarakat bisa mendapatkan kenyamanan dan keamanan.

Sementara itu Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Yogya, Budi Santosa mengatakan FKDM di Kota Yogya sudah terbentuk sejak 2019.

"FKDM di Kota Yogya sudah terbentuk hingga di tingkat kelurahan, forum ini memiliki fungsi untuk deteksi dini,"bebernya.

Tugas FKDM sendiri, lanjutnya, adalah menjaring, menampung, mengkoordinasikan, mengkomunikasikan data dan informasi dari masyarakat mengenai potensi ancaman keamanan.

"Dengan adanya FKDM diharapkan dapat mendukung terciptanya keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat," bebernya. (Han)