Menelusuri Sumbu Filosofi Bersama Jogja Heritage Track

Balai Pengelolaan Kawasan Sumbu Filosofi Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Daerah Istimewa Yogyakarta telah meluncurkan program Bus Jogja Heritage Track. Program ini bertujuan untuk memperkenalkan Sumbu Filosofi Sangkan Paraning Dumadi (Tugu Pal Putih - Kraton - Panggung Krapyak) kepada masyarakat umum. Khususnya berkaitan dengan pengajuan Sumbu Filosofi Yogyakarta ke UNESCO sebagai warisan dunia.

Pada hari Rabu, 15 Juni 2022, perangkat Kelurahan Gowongan bersama perangkat Kapanewon Imogiri berkesempatan untuk menjadi peserta program Jogja Heritage Track. Rute diawali dari Kantor Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Daerah Istimewa Yogyakarta Jalan Cendana. Berlanjut menuju Tugu Pal Putih kemudian berhenti sejenak di Museum Sonobudoyo. Perjalanan dilanjutkan mengitari luar Benteng Kraton menuju Panggung Krapyak.

Selama perjalanan, peserta program Jogja Heritage Track diajak berkeliling kawasan Sumbu Filosofis ditemani oleh seorang edukator. Ratna Wahyuningtyas, Edukator Jogja Heritage Track, menjelaskan mengenai bangunan bangunan bersejarah di sepanjang jalan yang dilalui termasuk filosofi yang terkandung di dalamnya.

Ke depannya, program Jogja Heritage Track ini tidak hanya memperkenalkan sumbu filosofi Sangkan Paraning Dumadi, tetapi juga Colonial Trip, Colonial Heritage Trip, Historical Trip, The Legacy, Religious Trip 1, Religious Trip 2, dan Jogja Culinary.

Untuk saat ini, bagi masyarakat umum bisa mendaftar menjadi peserta Jogja Heritage Track dengan mendaftar secara online melalui https://www.jogjaheritage.com/ .