SERU DAN MERIAHNYA TAKBIRAN DI GOWONGAN

Ada yang berbeda di kawasan Tugu pada hari Jumat 8 Juli 2022 malam. Di tengah pengunjung kawasan wisata Tugu, hadir kemeriahan Festival Takbir Kelurahan Gowongan menyambut hari raya Idul Adha 1443 H.

Festival yang diikuti oleh masjid-masjid di wilayah kelurahan Gowongan itu mengambil titik start di sisi selatan Tugu Pal Putih. Mantri Pamong Praja Kemantren Jetis, Ibu Rini Rahmawati, SIP, MIP berkenan membuka sekaligus memberangkatkan peserta secara simbolis.

Satu persatu peserta Takbir menampilkan performa mereka di hadapan pengunjung kemudian dilanjutkan dengan pawai berjalan kaki mengelilingi wilayah kelurahan Gowongan.

Peserta yang terdiri dari berbagai kalangan dan usia, terlihat gembira. Menggunakan berbagai atribut warna warni yang semakin menambah kemeriahan acara. Gema takbir berkumandang di sepanjang jalan yang dilewati. Warga, wisatawan bahkan dari mancanegara antusias menikmati tontonan tersebut.

Di akhir acara, dibagikan berbagai penghargaan bagi seluruh peserta. Tamu undangan yang terdiri dari Kapolsek Jetis Kompol Wahyono Heru Susapto, S.H.,M.M.; Danramil Jetis Kapten Inf Djoko Sutikno; Lurah Gowongan Drs. Gunawan Wibisono beserta perangkat kelurahan, panitia penyelenggara dan tokoh-tokoh masyarakat kelurahan Gowongan dengan antusias menyaksikan acara tersebut dari awal hingga akhir.

"Sepertinya kerinduan warga untuk bertakbir bersama yang terhenti selama Pandemi, bisa sedikit terobati. Namun meskipun begitu kewaspadaan tetap dijaga, salah satunya dengan menerapkan protokol kesehatan bagi peserta dan panitia." ungkap Ketua Panitia Takbir, Atok Setya Budi.

Keberhasilan acara ini tidak lepas dari dukungan Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta yang membantu mengatur lalu lintas. Dukungan dari Polsek Jetis, Koramil Jetis, Bhabinkamtibmas Gowongan, Babinsa Gowongan, Jawatan Keamanan Kemantren Jetis, BKO Satpol PP Kemantren Jetis, Linmas Gowongan, KTB Jogoyudan dan berbagai elemen masyarakat turut membantu menjaga keamanan dan ketertiban acara dari awal hingga akhir.

Semoga kedepannya, dengan semakin terkendalinya pandemi maka kegiatan kemasyarakatan bisa dilaksanakan dengan baik dan lebih meriah lagi.