Semarak Peringatan HUT Kemerdekaan ke 77 RI

Peringatan HUT Kemerdekaan ke 77 RI tahun 2022 dirayakan seluruh warga masyarakat kelurahan Gowongan dengan meriah meskipun dengan penuh kesederhanaan. 
Hal tersebut tidak mengurangi makna peringatan ini, terutama karena tema yang diambil "Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat". 
Dua tahun pandemi merupakan waktu yang lama untuk menahan rindu merayakan momen kebanggaan rakyat Indonesia. Bersyukur, mulai tahun ini berbagai kegiatan masyarakat sudah mulai bisa dilaksanakan walau harus tetap menjaga protokol kesehatan.
Aneka rangkaian acara diselenggarakan masyarakat sejak dari awal bulan Agustus 2022. Dari pemasangan bendera merah putih di setiap rumah dan tempat usaha. Menghias lingkungan dengan berbagai pernak pernik, semacam umbul umbul, lampu warna warni dan lain lain. Kerjabakti membersihkan lingkungan sekitar.
Tidak lupa warga masyarakat dari berbagai usia, tua dan muda bergembira dalam lomba lomba khas tujuhbelasan. Mereka bersatu, guyup rukun tanpa ada sekat.
Kemudian pada malam tirakatan, tiap RT dan RW bergotong royong mengadakan malam tirakatan. Malam tirakatan merupakan momen untuk berkilas balik mengenang rangkaian cerita sejarah yang terjadi di tahun 1945. Mengukir kisah dari generasi tua pelaku dan saksi sejarah kepada generasi muda masa kini. Jangan sampai kisah tersebut hilang ditelan zaman.
Sambutan Gubernur DIY dan PJ Walikota Yogyakarta dibacakan oleh para tokoh masyarakat setempat. Untuk lebih mendekatkan hubungan pemerintah dengan masyarakat di kota Yogyakarta ini.
Untaian doa mengiringi malam tirakatan, mengharap Tuhan Yang Maha Kuasa memberikan karunia bagi negeri tercinta Indonesia.
Pentas kesenian dan berbagi kegembiraan menutup kekhidmatan Malam Tirakatan tersebut.
Kemudian di tanggal 17 Agustus 2022, Lurah dan perangkat Kelurahan Gowongan bersama tokoh masyarakat, linmas, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Gowongan mengikuti Upacara Bendera Kemantren Jetis di SMUN 11 Yogyakarta.
Dalam rangkaian upacara tersebut juga diumumkan dan dibagikan hadiah bagi pemenang lomba Kemeriahan Perayaan HUT RI antar RW se Kelurahan Gowongan. Untuk tahun ini, berturut turut RW 08 Jogoyudan, RW 04 Gowongan dan RW 02 Penumping mendapat penghargaan 1,2 dan 3.
Sorenya, bertempat di halaman SMKN 7 Gowongan diadakan Upacara penurunan bendera dengan instruktur upacara Lurah Gowongan. Upacara tersebut diikuti guru dan siswa SMKN 7 bersama warga masyarakat Kampung Gowongan dan sekitarnya.