PELATIHAN DAUR ULANG SAMPAH KELURAHAN GOWONGAN

Forum Bank Sampah Kelurahan Gowongan mengadakan pelatihan daur ulang sampah pada hari Selasa (25/10/2022). Acara yang dilaksanakan di Aula Kelurahan Gowongan ini,dihadiri oleh 25 orang peserta dari perwakilan pengurus Bank Sampah RW di wilayah Kelurahan Gowongan. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam mengelola sampah rumah tangga, khususnya sampah anorganik menjadi kerajina daur ulang. Pelaksanaan pelatihan ini berupa praktek yang dipandu oleh tiga orang instruktur yaitu Ibu Rini Yuniati dan Ibu C. Mulia Titi Sari sebagai Fasilitator Bank Sampah Kelurahan, serta Ibu Juwariyam, Ketua Bank Sampah Gow Three.

Daur ulang sampah adalah kegiatan mengolah sampah untuk dijadikan produk baru. Dalam pelatihan ulang sampah kali ini menyampaikan  materi tentang daur ulang sampah organik dan sampah anorganik. Sampah organik seperti minyak sisa penggorengan dapat dibuat sabun,selain itu pemanfaatan sampah organik dari bekas bungkus minuman kopi bisa juga dikreasikan menjadi aneka kerajinan tas,taplak meja dan lain-lain. Untuk membuat kreasi daur ulang sampah yang unik dan menarik diperlukan kreativitas tinggi agar produk memiliki nilai jual.

Manfaat yang diperoleh dari daur ulang sampah yaitu mengurangi jumlah sampah yang masuk ke Tempat Pemrosesan Akhir ( TPA) mengurangi dampak lingkungan yang terjadi akibat pembuangan sampah ke lingkungan, dan juga dapat menambah penghasilan masyarakat melalui penjualan produk daur ulang. Melakukan daur ulang berarti telah berkontribusi terhadap kelestarian lingkungan. Mendaur ulang sampah juga berarti telah melakukan penghematan sumber daya alam dan energi. Sampah dibuang ke lingkungan akan menimbulkan pencemaran.