Sosialisasi Program Zero Sampah Anorganik

Pada hari Senin tanggal 26 Desember 2022 jam 15.30 WIB telah diselenggarakan acara Sosialisasi Program Zero Sampah Anorganik di Balai Kampung Penumping, Kelurahan Gowongan.

3 orang nara sumber menyampaikan materi dan motivasi kepada masyarakat Kelurahan Gowongan. Pemateri pertama adalah Mantri Pamong Praja Kemantren Jetis ibu Rini Rahmawati, S.IP, M.IP. Kemudian dilanjutkan bapak Very Tri Jatmiko, S.Si., M.M. dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta dan pemateri terakhir adalah Tri Wijayanti perwakilan Bank Sampah Berseri dari kelurahan Bumijo.

Permasalahan sampah di kota Yogyakarta sudah pada taraf darurat. Karena TPA Piyungan sudah tidak mampu lagi menampung. Mau tidak mau masyarakat dan Pemerintah harus bekerjasama untuk mulai mengolah dan mengelola sampahnya. Paling tidak dengan gerakan ini diharapkan bisa memperpanjang umur TPA Piyungan. 

Langkah awal dari gerakan ini adalah upaya pemilahan sampah secara mandiri. Mulai Januari 2023 sampah mulai dipilah. Sampah digolongkan menjadi 4 jenis yaitu sampah organik, sampah anorganik, sampah residu dan sampah B3. Peran bank sampah di masyarakat menjadi sangat penting dalam gerakan ini.

Harapannya semoga permasalahan sampah di kota Yogyakarta bisa diatasi bersama pemerintah dan masyarakat.