PELATIHAN PENGOLAHAN SAMPAH DENGAN MEMAKAI EMBER TUMPUK KELURAHAN GOWONGAN

Pelatihan Pengolahan Sampah dengan Memakai Ember Tumpuk Kelurahan Gowongan telah dilaksanakan selama 2 hari pada hari Rabu dan Kamis tanggal 8 dan 9 Maret 2023 bertempat di Aula Kelurahan Gowongan. Pelatihan ini dihadiri oleh 40 peserta dari Kader Bank Sampah RW 01 s/d RW 13 Kelurahan Gowongan, Ketua Forum Bank Sampah Kelurahan Gowongan dan Faskel Bank Sampah Kelurahan Gowongan dengan Narasumber Ibu Rini Yuniati dan Bapak Tri Yulianto. 

Dalam kegiatan praktik ember tumpuk, pertama-tama sampah sisa dapur berupa buah-buahan yang hampir busuk, sisa sayuran, dan sampah dapur lainnya dimasukkan ke dalam ember. Lalu magot ditambahkan untuk membantu proses pengomposan dan mempercepat proses penguraian sampah. Setelah dibiarkan selama dua bulan, maka ember tumpuk akan menghasilkan cairan lindi yang selanjutnya bisa digunakan sebagai Pupuk Organik Cair (POC). Sebelum digunakan, cairan lindi harus dijemur di bawah sinar matahari hingga warnanya berubah menjadi hitam cokelat dan tidak berbau, baru siap untuk dipakai.

Kegiatan diakhiri dengan penyerahan satu set ember tumpuk kepada masing-masing Bank Sampah. Pelatihan ini dilaksanakan untuk mendukung program Gerakan Zero Sampah Anorganik (GZSA) yang diinisiasi oleh Pemerintah Kota Yogyakarta dalam mengatasi masalah sampah di Kota Yogyakarta.