PELATIHAN OLAHAN MAKANAN KREASI JAJAN PASAR  KELURAHAN GOWONGAN

Makanan dan kue adalah salah satu perwujudan kebudayaan Indonesia. Kue-Kue khas daerah di Indonesia disebut dengan jajan pasar. Jajanan pasar adalah makanan tradisional Indonesia yang diperjual belikan di pasar, khususnya di pasar-pasar tradisional. Dalam membuat jajanan pasar seperti kue basah maupun kue kering sangat tidak asing lagi dengan menggunakan salah satu produk pertanian yang menjadi kebutuhan pokok masyarakat Indonesia yaitu, tepung terigu.  Berdasarkan masalah yang dihadapi, Kelurahan Gowongan mengadakan pelatihan guna meningkatkan keterampilan mereka dalam membuat berbagai macam jenis kue-kue jajanan pasar.

Pelatihan Olahan Makanan Kreasi Jajan Pasar Kelurahan Gowongan di gelar pada Selasa dan Rabu (16-17 Mei 2023) bertempat di Aula Kelurahan Gowongan Kemantren Jetis Kota Yogyakarta, dengan materi disampaikan oleh Instruktur Ibu RR. Wiwiek Ngesti Widanin Dyah. 

Peserta pelatihan tersebut merupakan perwakilan ibu-ibu dari masing-masing RW di Kelurahan Gowongan yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) atau masuk dalam kategori warga miskin. Hari pertama pelatihan, peserta dilatih cara membuat kue bika dan hari ke duanya dilatih cara membuat kue Talam.Para peserta sangat antusias sekali mengikuti pelatihan tersebut. 

Drs. Gunawan Wibisono, selaku Lurah Gowongan berharap kepada para peserta pelatihan agar setelah pelatihan ini selesai, para peserta dapat membuat dan mengembangkan produk olahan makanan kreasi jajan pasar mereka secara mandiri kemudian produknya dijual atau dititip jualkan ke pedagang pasar kranggan dan ke pedagang lain yang banyak menyediakan aneka jajan pasar, sehingga dapat meningkatkan penghasilan keluarga.

Setelah acara pelatihan selesai peserta dibagikan 1 paket bahan percontohan untuk dapat dipraktekkan di rumah masing-masing.