PELATIHAN PERTANIAN PERKOTAAN KAMPUNG JOGOYUDAN KELURAHAN GOWONGAN

Pelatihan Pertanian Perkotaan Kampung Jogoyudan Kelurahan Gowongan telah dilaksanakan pada hari Kamis, 21 September 2023 bertempat di Aula dan Perpustakaan Gowongan Smart.Sebanyak 50 peserta dari Kelompok Tani Jogoyudan hadir mengikuti kegiatan ini.

Acara di buka oleh Bapak Drs. Gunawan Wibisono selaku Lurah Gowongan, dalam sambutannya beliau menyampaikan sedikit penjelasan tentang hidroponik,dimana tanaman hidroponik sekarang menjadi salah satu bentuk mekanisasi pertanian sederhana yang sudah mulai dikenal dan dikembangkan oleh kelompok tani di Kota Yogyakarta dengan tujuan meningkatkan ketahanan pangan dan ekonomi warga dan meningkatkan kualitas lingkungan kampung.

Terdapat 3 Narasumber dalam pelatihan tersebut. Narasumber pertama adalah Bapak Totok Pratopo, Beliau menyampaikan pemaparan materi tentang 'Sejuta Bunga Kali Code (Hidroponik)", Narasumber yang kedua Ibu Desi Maharani Beliau menyampaikan pemaparan materi tentang "Budidaya Tanaman Hias Begonia" dan Narasumber ketiga Ibu Cicilia Mulia Titi Sari, beliau menyampaikan pemaparan tentang "Cara Menanam Tomat dengan Pot Terbalik". 

Selain Teori,para peserta juga di ajarkan Praktek cara budidaya hidroponik yang baik dan benar.

Dengan diadakannya acara pelatihan tersebut diharapkan warga masyarakat dapat mengembangkan sistem budidaya hidroponik di wilayahnya dengan mengupayakan pengembangan pertanian perkotaan untuk memanfaatkan lahan pekarangan yang terbatas menjadi lebih produktif sehingga meningkatkan ketahanan pangan dan ekonomi warganya.

Pada akhir acara dibagikan paket percontohan tanaman yang terdiri dari bibit tanaman hidroponik serta pupuk dan pot sebanyak 1 ( satu) paket  kepada masing-masing peserta.