PELATIHAN PERTANIAN PERKOTAAN KAMPUNG GOWONGAN KELURAHAN GOWONGAN

Kelurahan Gowongan, Yogya - Kamis (16/11/2023) Salah satu upaya pengembangan pertanian diperkotaan yang sudah padat penduduk adalah dengan memanfaatkan lahan pekarangan dengan memaksimalkan ruang yang ada. Caranya adalah dengan budidaya tanaman Hidroponik. Masyarakat bisa menanam beraneka macam tanaman pangan untuk menambah sumber pendapatan keluarga apabila dapat dikelola dengan baik. Selain itu program pelatihan pertanian perkotaan bisa berjalan atas masukan dan pengajuan LPMK pada waktu Musrenbang. Harapan kedepannya masyarakat melalui Poktan Sumber Rejeki bisa lebih berinovasi lagi,mengikuti berbagai lomba dan Juara lagi. Sehingga menjadikan kita semangat untuk selalu belajar.  Demikian sambutan yang disampaikan Bapak Lurah Gowongan, Drs. Gunawan Wibisono saat membuka Pelatihan Pertanian Perkotaan yang diselenggarakan pada hari Kamis, 16 November 2023. Pelatihan sekaligus praktek  dilaksanakan di Poktan Sumber Rejeki RW 04 Gowongan.

Narasumber pertama yaitu Bapak Ir. Agung Triatmoko Praktisi Pertanian Khusus Hidroponik. Beliau menyampaikan materi tentang Hidroponik Skala Hobby. Hidroponik merupakan sistem budidaya tanaman menggunakan air tanpa menggunakan media tanah dengan pemberian nutrisi (unsur hara) yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tanaman. Sistem Tanam Hidroponik meliputi : 1.Sistem Wick : sistem sumbu, 2. Sistem NFT ( Nutriens Film Technique) : Teknik pemberian nutrisi secara mengalir,Kelebihan dari teknik ini air bisa membawa oksigen sedangkan kelemahannya kalau listrik mati lama, nutrisinya tidak dapat bergerak. 3. Sistem Drip Irrigation : sistem irigasi tetes, contoh: tanaman sayur buah ( tomat,lombok,paprika). 4. Sistem Rakit Apung. Hidroponik bisa dilakukan dilahan sempit dengan pembuatan pipa bertingkat. Yang perlu diperhatikan dalam budidaya tanaman yaitu kebutuhan essensial tanaman : air,sinar matahari untuk proses fotosintesis, Nutrisi Makro ( nitrogen, fosfor,NPK) dan Nutisi Mikro ( besi,mangan,tembaga). Tahapan pelaksanaan: 1. Membuat instalasi hidroponik,disesuaikan dengan sistem yang digunakan dan tujuannya. 2. Pembibitan dan media yang digunakan menggunakan rock wool tujuannya untuk menaruh benih,benih disimpan diruangan yang yang tidak kena sinar matahari agar cepat tumbuh setelah tumbuh tanaman baru dikeluarkan. Setelah tumbuh tanaman bisa ditaruh di pot kecil (pot net). 3. Meramu nutrisi tanaman: penggunaan AB Mix. Ada 2 jenis AB Mix: untuk tanaman sayur daun,dan sayuran buah.

Narasumber selanjutnya yaitu Bapak Wipsar Tanaya Bendra Praktisi Pertanian Khusus Hidroponik. Beliau menyampaikan materi tentang Jenis Teknik Hidroponik, 1. Static Solution Culture, 2. Nutrient Film Technic. Jenis Tanaman Hidroponik meliputi selada,pokcay, bayam hijau,bayam merah,tomat,melon. Manfaat Hidroponik: bebas dari hama tanah, memaksimalkan ruang, penggunaan air efisien, mengurangi penggunaan pestisida. Bahan-bahan pembuatan hidroponik : pipa,baja ringan untuk rangka, knee dan dop over sock, perlengkapan pemipaan, pot untuk benih, media untuk benih seperti rockwool,benih, pompa air kecil,kontainer.

Pada akhir acara dibagikan paket percontohan tanaman sebanyak 1 ( satu) paket  kepada masing-masing peserta.