CEGAH STANTING KELURAHAN GOWONGAN MENGGELAR PELATIHAN PENGOLAHAN IKAN

Menjelang Bulan Ramadhan dimana banyak Ibu-Ibu selalu memikirkan kebutuhan lauk untuk makan sahur dan berbuka puasa bersama keluarga, maka diperlukan ilmu untuk membuat lauk pauk yang bervariasi dan bergizi. Untuk itu Kelurahan Gowongan bekerjasama dengan Kader PKK untuk melaksanakan Kegiatan Pelatihan Pengolahan Ikan. Disamping itu pelatihan ini tujuan utamanya adalah untuk mendukung program pemerintah tentang pengentasan stunting di Kota Yogyakarta. 

Meskipun di wilayah Gowongan angka penyandang stunting tidak ada, namun perlu pencegahan terutama untuk ibu-ibu hamil dan anak dibawah 2 tahun. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan ibu-ibu mampu menularkan ilmunya kepada ibu-ibu yang lain, terutama yang mempunyai anak balita. Cara pengolahan ikan ini sangatlah penting untuk diketahui kepada ibu-ibu balita. Ikan mengandung protein hewani yang sangat tinggi, yang diperlukan untuk anak-anak balita terutama untuk pertumbuhan dan perkembangan otaknya. 

Dalam sambutannya Drs. Gunawan Wibisono selaku Lurah Gowongan menyampaikan bahwa dengan pengolahan ikan ini diharapkan variasi memasak oleh ibu-ibu untuk anaknya terutama makanan olahan ikan akan semakin digemari.  Kita tahu bahwa anak tidak suka makan ikan mungkin karena tidak terbiasa atau ikan hanya dimasak dengan cara digoreng saja sehingga anak harus menyingkirkan duri-duri ikannya membuat anak tidak suka. Dengan pengolahan ikan yang dibuat secara bervariasi ini akan membuat anak semakan senang dan gemar makan ikan. 

Pelatihan ini diikuti oleh 25 orang peserta selama 2 hari dari tanggal 7 sampai 8 Maret 2024 bertempat di Aula sekaligus Ruang Perpustakaan Gowongan Smart. Hari pertama praktek membuat Nugget Ikan dan Hari Kedua praktek membuat Kaki Naga, dimana resep ini merupakan menu olahan zaman now, diharapkan ibu-ibu yang ikut pelatihan dapat mempraktekkan hasil pelatihannya dirumah sebagai menu keluarga,sehingga anak-anaknya terpenuhi kebutuhan gizinya dan terbiasa untuk makan ikan. Selain untuk menu keluarga,Peluang untuk berjualan sangat baik sehingga menambah income atau penghasilan keluarga.  Apalagi di era sekarang ini berjualan bisa dilakukan secara online, sehingga ibu-ibu tidak perlu susah/repot lagi memasarkan produknya.