SAFARI TARAWIH KELILING FORKOMPIMTREN JETIS DI MASJID AT-TAUHID PENUMPING KELURAHAN GOWONGAN

Gowongan - Dalam rangka memeriahkan kegiatan bulan suci Ramadhan 1445 H tahun 2024 dan menjalin silaturahmi dengan masyarakat, berbagai kegiatan positif dilakukan Forum Komunikasi Pimpinan Tingkat Kemantren (Forkompimtren) Jetis, salah satunya kegiatan Safari Tarawih Keliling (Tarling). Tarling mengambil tempat 4 Masjid se Kemantren Jetis yaitu 1. Masjid Al-Jihad Cokrodiningratan Kelurahan Cokrodiningratan, 2. Masjid At-Tauhid Penumping Kelurahan Gowongan, 3. Masjid Ad Dzakirin Pingit Kelurahan Bumijo, 4. Masjid Husnul Khotimah Bumijo Kelurahan Bumijo.Tujuan dari diadakannya Tarling ini selain beribadah, juga bersilaturahmi dengan warga masyarakat Jetis. Pelaksanaan Safari Tarawih Ramadhan Forkompimtren Jetis bertempat di Masjid At-Tauhid Penumping JT 3/214 Kelurahan Gowongan Kemantren Jetis Kota Yogyakarta (Selasa,26/03/2024). Hadir dalam acara tersebut Ibu Rini Rahmawati, S.IP., selaku Mantri Pamong Praja Kemantren Jetis beserta jajarannya.,Bapak Drs. Gunawan Wibisono selaku Lurah Gowongan beserta perangkat kelurahan, Bapak Danramil Jetis,Bapak Kapolsek Jetis, Bapak KUA Jetis beserta jajarannya, Ibu Kepala Puskesmas Jetis,Ibu Lurah Bumijo, Babinsa Kelurahan Gowongan,Bhabinkamtibmas Kelurahan Gowongan, Takmir Masjid At-Tauhid Penumping,Tokoh masyarakat,warga sekitar kampung penumping serta dari Penyuluh Agama Islam. 

Ada 5 Sambutan dalam Kegiatan tersebut diantaranya sambutan dari Bapak Jamal selaku Takmir Masjid At-Tauhid, Sambutan dari Forkompimtren Jetis, Sambutan dari Bapak Kapolsek Jetis, Sambutan Lurah Gowongan dan Sambutan dari Ibu Mantri Pamong Praja Kemantren Jetis.

Sambutan yang pertama diisi oleh Bapak Jamal selaku Takmir Masjid At-Tauhid, Beliau mengucapkan banyak terimakasih atas Kunjungan dan Silaturahminya ke Masjid At-Tauhid. Dengan adanya Safari Tarawih di Bulan Ramadhan ini bisa menjadi ajang silaturahmi, ramah tamah yang baik antara aparat pemerintah dengan masyarakat. 

Sambutan yang kedua diisi oleh Forkompimtren Jetis, Beliau berpesan agar tetap semangat menjalankan amalan-amalan Ibadah Ramadhan sehingga kita dapat melaksanakan Ibadah Puasa Ramadhan ini dengan Khusyuk sehingga diterima dan dilipatgandakan pahalanya. Khusyuknya terasa nyaman,"Imbuhnya.

Sambutan yang ketiga diisi oleh Bapak Kapolsek Jetis, Beliau menyampaikan beberapa informasi kejadian-kejadian yang baru viral di Masyarakat diantaranya : 

1. Kejadian Klithih. Walaupun Bulan Puasa pelaku-pelaku klithih masih ada. Untuk mengantisipasinya, dikota dijaga ketat dengan mendirikan pos-pos penjagaan polisi. Perintah Ngerso Dalem,pelaku-pelaku klithih walaupun usianya masih 12 tahun tetap kita proses. Tidak ditahan, tetapi dititipkan di Dinas Sosial Sleman untuk dibina. Kapolsek menghimbau kepada para Orang Tua yang punya Putra Putri apabila sudah jam 10 malam anak-anak belum berada dirumah tolong di karuhke dicek keberadaannya. Jangan sampai mereka menjadi Korban Klithih.

2. Kejadian Kriminalitas masih ada di Wilayah Jetis, seperti pencurian burung. Kasus yang paling banyak berada di wilayah Kelurahan Bumijo.

3. Kejadian Kecelakaan Lalu Lintas marak dan pelakunya masih anak-anak. Himbauan Kapolsek agar Orang Tua yang mempunyai anak dibawah umur agar diantar,jangan sampai anak mengendarai motor sendiri apalagi belum mempunyai SIM.

Sambutan yang keempat diisi oleh Bapak Lurah Gowongan. Beliau menyampaikan agar kita tetap menghormati kerukunan di wilayah kampung penumping dengan adanya safari tarawih semakin erat silaturahminya.Silaturahmi tetap terjaga kekompakan tetap terjalin dan tindakan klitih tidak ada lagi di Wilayah Jetis.

Sambutan kelima diisi oleh Ibu Mantri Pamong Praja Kemantren Jetis. Beliau menyampaikan dengan adanya Kegiatan Safari Tarawih Keliling ini diharapkan Masjid At-Tauhid semakin makmur,guyup rukun semangat gotong royong. Banyak anak-anak muda di lingkungan kampung penumping yang nantinya didik menjadi generasi penerus yang hebat lewat kegiatan-kegiatan yang ada di Masjid At-Tauhid.

Setelah kegiatan sambutan kemudian dilanjutkan penyerahan Bantuan dari Baznas Kota Yogyakarta yang diserahkan oleh Mantri Pamong Praja dan Bapak Kapolsek Jetis. Acara kemudian ditutup dengan kegiatan foto bersama.