GELAR POTENSI PAUD KELURAHAN GOWONGAN 2024

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan fondasi yang sangat penting dalam perkembangan seorang anak. Dalam konteks kelurahan, gelar potensi PAUD memiliki peranan strategis dalam menghimpun masyarakat demi meningkatkan kesadaran akan pentingnya pendidikan pada usia dini. Gelar potensi PAUD kelurahan dapat diartikan sebagai sebuah acara atau kegiatan yang dilaksanakan dengan tujuan untuk menunjukkan, menghargai, dan mengoptimalkan potensi yang ada di dalam lingkungan masyarakat guna mendukung pendidikan anak-anak usia dini.

Para pendidik PAUD dari masing-masing SPS menampilkan berbagai tarian dan gerak lagu serta diadakan lomba mewarnai dalam kegiatan Gelar Potensi PAUD Kelurahan Gowongan yang telah dilaksanakan pada hari Sabtu, 20/07/2024 bertempat di Balai Kebon Ndalem Kampung Jogoyudan Kemantren Jetis Kota Yogyakarta. Dalam kegiatan Gelar Potensi PAUD Kelurahan Gowongan juga menampilkan berbagai hiburan diantaranya Tari Mbok Jamu dari TK ABA Darussalam RW 010 Jogoyudan, fashion show dari PAUD Tunas Mekar, Tari Gethuk dari PAUD Tunas Melati dan Angklung dari TK ABA Darussalam RW 010 Jogoyudan Kelurahan Gowongan Kemantren Jetis Kota Yogyakarta.

Hadir dalam acara tersebut Bapak Syarif Teguh Prabowo,S,STP selaku Mantri Anom Kemantren Jetis sekaligus mewakili Ibu Mantri Pamong Praja Kemantren Jetis Kota Yogyakarta, Ibu Anowo Winarni,S.I.P Selaku Plt Lurah Gowongan beserta perangkat kelurahan, Ketua LPMK Kelurahan Gowongan, Ketua Kampung se Kelurahan Gowongan, Ketua TP PKK Kelurahan Gowongan, Ketua RW 01 s/d RW 013 Kelurahan Gowongan, Ketua PKK RW 01 s/d RW 013 Kelurahan Gowongan, Ketua Pokja Bunda PAUD,SPS PAUD se Kelurahan Gowongan serta warga masyarakat Kelurahan Gowongan.

Dalam Sambutannya Ibu Anowo Winarni,S.I.P selaku Plt Lurah Gowongan menyampaikan bahwa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah dasar pengembangan anak, untuk itu kita perlu menyalurkan atau mendidik anak agar anak itu bisa mengenal fakta-fakta yang ada dilingkungan sekitarnya, karena pada masa ini adalah masa emas bagi anak-anak untuk mendapatkan pendidikan dasar. Untuk itu marilah kita bersama sama membantu perkembangan kognitif anak, baik itu perkembangan promotor kognitif maunpun sosiual anak"tuturnya. Dengan diadakan kegiatan ini diharapkan dapat membantu perkembangan sosial anak dalam pergaulan di lingkungan sekitarnya. Seperti yang sudah kita lihat, masih ada anak-anak yang masih takut tampil didepan umum. Kita sebagai orang tua mempunyai tanggungjawab dalam perkembangan anak,kita bantu anak-anak untuk berkembang menjadi lebih baik, mempunyai bakat dan potensi yang perlu digali untuk menjadi generasi yang berkualitas"Imbuhnya.

Sambutan yang kedua disampaikan oleh Bapak Mantri Anom, Beliau menyampaikan bahwa salah satu tujuan utama dari gelar potensi PAUD kelurahan adalah untuk mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya pendidikan anak sejak dini. Pada usia 0-6 tahun, perkembangan anak berlangsung dengan sangat cepat dan signifikan. Di periode ini, anak-anak tidak hanya belajar berbagai keterampilan dan pengetahuan dasar tetapi juga membentuk karakter dan kepribadian mereka. Dengan demikian, upaya untuk memperkenalkan pendidikan PAUD kepada masyarakat harus dilakukan secara intensif dan berkelanjutan. Gebyar PAUD Kelurahan Gowongan tahun depan perlu diselenggarakan kembali, pertemuan-pertemuan paud dipertahankan"tuturnya.

Sebagai kesimpulan, gelar potensi PAUD kelurahan adalah sebuah inisiatif yang tidak hanya bertujuan untuk memperkenalkan dan meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai pendidikan anak usia dini, tetapi juga untuk menciptakan suatu ekosistem yang kondusif bagi perkembangan anak. Dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat, termasuk pemerintah, pendidik, dan orangtua, harapannya adalah dapat membangun generasi emas yang memiliki karakter, keterampilan, dan pengetahuan yang solid sejak dini. Membangun kesadaran akan pentingnya PAUD di kelurahan adalah langkah awal menuju masa depan yang lebih baik bagi anak-anak kita. Acara Gelar Potensi PAUD Kelurahan Gowongan di tutup dengan penyerahan hadiah lomba bagi peserta yang juara.